Posted on

Kelebihan Dan Kekurangan Piano Akustik Dan Digital

Nancymeyerpiano – Piano akustik memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan dibanding piano digital.

Piano akustik bisa dimainkan tanpa listrik. Ongkos pemeliharaan semakin tinggi (regular tuning) serta ongkos yang dikeluarkan pertama-tama untuk beli piano akustik termasuk cukuplah tinggi, tetapi memiliki ketahanan yang semakin lebih lama serta nilai investasi yang semakin bertambah sebab dihargai untuk asset semestinya furniture. Tidak sama dengan digital piano yang dilnilai untuk barang elektronik yang dari sekian waktu alami depresiasi sebab keluarnya mode/tehnologi baru serta ongkos produksi tehnologi itu yang makin turun.

Baca Juga : Mengenal Salah Satu Karya Masterpiece Piano Terbaik di Dunia

Sound serta touch yang dibuat piano akustik dengan cara automatis semakin kaya, sebab dibuat dengan cara akustik serta mekanik tidak dari sample sound yang direkam. Jadi buat anda yang betul-betul serius mengenali piano (bukan keyboard) dengan cara detil semakin jauh, anda perlu memperhitungkan beli piano akustik.

Tetapi ini cuma berlaku untuk sound piano dengan cara detil. Di lain sisi, digital piano yang pada intinya bekerja dengan cara digital memakai ‘sample sound’ yang di-trigger lewat prosedur MIDI, berpotensi untuk mainkan beberapa jenis tipe sound, serta bisa mainkan bunyi alat musik tiup, perkusi, string, dan lain-lain. Tidak cuma bunyi piano.

Untuk kepentingan recording serta amplifikasi (sound system), piano akustik dengan cara automatis tambah mahal serta susah sebab dibutuhkan perlengkapan penambahan seperti microphone/transducer(pickup) dan tehnik peletakan yang tepat untuk memperoleh hasil yang bagus.

Sampai di sini, anda sudah seharusnya bisa pilih di antara piano akustik serta piano digital/elektrik. Bila anda putuskan beli piano akustik, untuk setelah itu anda bisa pilih di antara piano upright atau grand.

Upright Piano VS Grand Piano.

Tidak sama dengan Grand piano (piano segitia), upright piano dibuat untuk dipakai di dalam rumah dimana biasanya tidak memiliki ruang ruangan yang besar. Ide bentuknya ialah sound yang dibuat soundboard dengan cara vertikal dipantulkan lewat dinding rumah untuk isi ruangan dengan cara rata.

Di lain sisi, Grand Piano didesain untuk kepentingan concert atau public performnce dimana biasanya diletakkan pada ruangan yang luas. Ide bentuknya ialah sound yang dibuat soundboard dengan cara horizontal dipantulkan oleh lantai dan diprediksikan oleh penutup soundboard yang diposisikan diagonal menghadap ke pemirsa.

Biasanya grand piano bisa memproyeksikan volume yang semakin besar serta karakter sound yang semakin luas karena frekwensi low/bass yang semakin kuat dibuat dari senar yang semakin panjang dibanding piano upright.

Sesudah putuskan di antara piano upright serta grand, anda mulai dapat pilih beberapa jenis mode serta tipe yang ada di pasar.

5 unsur yang penting diingat waktu pilih piano akustik:

1. Sound

Berdasar karakter, beberapa tipe/merek piano akustik memiliki karakter tone sound yang lain. Ada yang memiliki sound yang semakin ‘dry’ serta ada yang semakin ‘wet’/muddy. Ini benar-benar subjektif serta tidak bermakna yang satu lebih bagus dibanding lainnya. Serta, terkadang anda bisa mendapatkan karakter yang lain di antara 2 unit piano yang memiliki seri serta tipe yang sama.

2. Touch/Feel

Ini juga subjektif mengingat rutinitas bermain setiap orang berlainan. Pilih yang di rasa paling mendukung anda berlatih.

3. Build quality/Construction

Kualitas serta tehnologi pengerjaan dikuasai oleh tipe, harga, paten perusahaan, serta negara pengerjaan. Benar-benar juga penting untuk memperhitungkan persistensi perusahaan dalam proses pengerjaan piano.

4. Merek History

Merek pada industri piano saat ini sebetulnya tidak begitu berkaitan lagi untuk dipandang serta dibanding dengan cara langsung sebab kualitas yang hampir serupa semasa masih juga dalam kelompok level yang sama. Yang perlu untuk dipahami saat ini ialah piano dengan mode yang mana dibikin dimana.

5. Investment Value

Ya. Piano akustik ialah investasi serta adalah sisi dari asset/harta. Tidak sama dengan piano digital, piano akustik memiliki nilai lebih seperti furniture, yang makin bertambah dari tahun ke tahun karena faktor-faktor produksi yang semakin langka salah satunya material (biasanya kayu yang semakin mahal), craftmanship, ketahanan (tidak dapat rusak sebab full mekanik) serta kekalnya model sound serta musik yang dimainkan (ya musik classic salah satunya jenis musik paling tua yang masih tetap bertumbuh).

Selanjutnya, pilih piano seperti pilih semua alat musik yang lain, ialah ketetapan yang benar-benar subjektif. Serta untuk musikus, memang tidak semestinya kita pilih suatu hal karena hanya seseorang pilih itu.

Apalagi tidak ada unsur yang dapat membuat seorang jadi aktris atau sukses jika dia tidak memiliki ketidaksamaan sebagai keunggulannya dibanding seseorang.